Rencana Jalan Tol Baru....Yippieeee.....

Nyampe kantor, langsung buka and trus gue buka .
Trus ada berita,...eh lebih berupa catatan sih dari seorang Pemerhati Kebijakan Publik dan Perlindungan Konsumen.
Judulnya catchy banget buat gue!


Yang nulis artikel ini membeberkan fakta yang sebenernya sih gue rasa semua orang udah tau validitasnya. Terlepas dari the exact number is right or not, at least kita sendiri sehari-hari bisa ngerasainnya kan? Jadi .....
  • Penduduk Jakarta (konon) 8,5 JUTA JIWA! Bertambah mendekati 12,5 JUTA JIWA saat jam kerja karena commuter dari Bodetabek (buat yang gak tau : BOgor, DEpok, TAngerang, BEKasi)
  • Dengan panjang jalan di wilayah DKI Jakarta sekitar 7.650 km dan lebar jalan mencapai 43 juta meter persegi (mereka ngitungnya gimana ya? Capek bener kayaknya)....setiap harinya ternyata ada 5,5 juta motor (NO WONDER!!!!) dan 3,5 juta mobil yang lewat.
  • Lebih hebat lagi nih....pertumbuhan jalan hanya 1% compared to pertumbuhan kendaraan bermotor hingga 11%
Nah menurut si penulis, pemerintah kemudian berencana untuk membangun 6 jalan tol baru!

Boooo....jalan tol kemana lagi coba?
Yang Ulujami - Bandara aja gak kelar-kelar! Mbok ya yang satu itu diberesin dulu supaya gampang kalo kita-kita ini yang tinggal di Jakarta Selatan ini gampang buat ke Bandara.

Lantas trus apa kabarnya Skytrain yang tiang pancangnya mandek wae pembangunan nya di
sekitar Asia Afrika? Duit yang dipake buat ngebangun itu kemarinan kan pasti gak sedikit jumlahnya. Belum lagi~~~~, waktu yang terbuang percuma karena macet saat lagi ngebangun tiang pancang itu.

Dengan kondisi kayak gitu koq ya bisa-bisanya dapet ide pencerahan untuk bangun jalan tol baru? ENAM RUAS PULA! HUEBATTTTT!!!! SUALUTTTTT!!!!!
Gini ya....barangkali bapak-bapak yang punya ide itu gak pernah ngeh kalo jalan tol A.K.A jalan (konon) bebas hambatan yang ada saat ini juga udah macet tiap pagi dan sore hari. Dasar pemikirannya apa ya?
Mengurangi kemacetan dengan menambah ruas jalan?
Yah kalo pertumbuhan kendaraan bermotor juga tetep tinggi...ya apa gunanya? Macam perbandingannya seimbang aja.

Ide untuk bangun MRT alias Mass Rapid Transit sebenernya OK juga. Tapi mestinya diinget tujuannya; membuat pengguna mobil mau beralih ke kendaraan umum!
Nah, secara pengguna mobil itu kan kebanyakan manja :

Ogah keringetan!
Ogah berdesek-desekan!
Ogah naik kendaraan umum yang jadwalnya gak pasti!

Kalo misalnya pembangunan MRT, gak diimbangi dengan perawatan dan fasilitas yang memadai....mustahil kayaknya untuk narik pengguna mobil beralih ke MRT.
PLUS....harus ada tempat parkir yang layak untuk orang-orang yang mau naik MRT. Jadi andaikan memang rute yang mau dibangun dari Lebak Bulus sampe Dukuh Atas, sepanjang itu lebih baik ada gedung parkir yang memadai supaya orang yang naik mobil bisa naruh mobilnya di gedung parkir tersebut.

Peran publik ....hayah bahasa gue makkk......perilaku masyarakat kota Jakarta yang belum bisa merawat fasilitas umum juga harus jadi perhatian. Yah iya lah....males kan kalo fasilitas yang udah bagus-bagus dibangun terus langsung kumuh hanya dalam rentang waktu beberapa tahun hanya karena gak ada perawatan?

Intinya sih kalo menurut gue, jika emang pemda pengen buat MRT.....semua fasilitas umum dan pelayanan yang ada harus seprofesional mungkin. Dalam artian..KUDU BENER MUSTI KERAWAT!!!!

Andaikan pemda terus mutusin untuk tidak membangun semua itu dan memaksimalkan apa yang udah ada sekarang ini....gue rasa juga gak papa. Tapi, mungkin perlu dipikirin untuk bangun satu badan yang emang ngurusin manajemen transportasi kota Jakarta.
Nah kalo udah begini, pertanyaan yang nongol di otak gue adalah....fungsinya DLLAJR apa sih sebenernya?

.........sebenernya sih gue ngomong panjang lebar begini bukan bermaksud apa-apa lho!
Cuman semata-mata untuk menyuarakan pendapat gue aja. Jadi maafkeun jika ada yang tersinggung.
Biar gimanapun juga, proses cek dan ricek itu perlu kan? Supaya segala pihak berupaya menjadi lebih baik. :-)

No comments: