Di Advertising. COOL? Masa? Really?


Sebuah percakapan :
A : Kerja di mana?
B : Di advertising.
A : Really? Cool.

I mean what’s so cool working in advertising?

Lembur terus.

Jam kerja yang gak pasti (so much for 8 to 5 theory!!!).
Bikin presentasi campaign yang akhirnya gak akan dipake oleh klien though they might like it and they’ll love your office more with some addition they’ll love you only if they knew that it is you who stood up all night thinking and making that presentation.

Gaji yang oke.
Emang sih…to a certain point gaji emang termasuk kategori oke punya. Tapi, for how long sih? Awal-awalnya emang mungkin gajinya berasa gede…lama-kelamaan setelah dipikir-pikir dengan pola kerja yang sedemikian beratnya, koq rasanya gak worthed ya? Abis-abisan kerja untuk perusahaan, trus gak ada apresiasi dari company untuk karyawannya. Kerja untuk aktualisasi diri, untuk pencapaian diri sendiri? Oke…still tapinya sampai kapan?

Bisa belajar untuk bikin iklan yang bagus.
Halah boooooo…hari gini ilmu emang mahal harganya. Dari pengalaman gue yang emang baru seumur jagung, gue tau lah ketemu ama creative director yang terkenal gak ada jaminan bahwa lu bisa belajar untuk bikin iklan yang bagus. Palingan mereka cuman bisa bilang “Ini jelek.”, “Ini bagus.” Dan bla..bla..bla…lainnya. Secara kalo mereka mau nge-share ilmunya bisa-bisa orang yang diajarin lebih bagus dari dia dan malah dianya keilangan pasar yang butuh kemampuannya dia dunk.
Iklan yang bagus pun gak harus keluar dari sebuah agency. Ibu Dibyo yang tukang jualan tiket malah gak perlu beriklan sama sekali, udah bisa terkenal seantero Jakarta.

Kan bisa menang award, booooo!!!!!
Udah banyak koq award-award yang bisa diikuti perseorangan. Lagian begitu lu menang award ya that’s it. Emang secara harga jual mungkin lu bisa matok harga yang lebih mahal. Tapi, lantas apa? Kalo mahal juga, akhirnya belum tentu ada yang mau kan hire lu. It’s all about networking. If you have the network, then you have it all. Belum lagi kalo lu sombong karena udah menang award…gue sih males ya bow kerja ama orang yang gak membumi biar sehebat apapun orang itu.

Bukannya kerja di advertising asik ya? Have fun, go mad every single day.
Iya sih…trus sampe kapan lu mau begitu? Masih mau lu, waktu umur lu udah mid-30’s dan lu masih hang-out di tempat-tempat dugem? Duh saatnya malu ama umur. Lagian juga itu asiknya cuman pas malem weekend ato malem acara-acara anugerah-anugerahan yang lama kelamaan gue yakin pasti bakalan jadi basi.

Ih hebat lho dia kan yang bikin iklan ini-itu….(pengen jadi selebritis!!!!)
Bo…pulang ke rumah trus tanya deh bo ama orang rumah. Kenal gak ama yang namanya David Ogilvy ato Fajar Rusli ato Roy Wisnu ato Ronald Wong…..bo gue yakin taruhan 1 milyar untuk jawaban mereka pasti “Siapa tuh?”. Mau terkenal? Mending ikutan Indonesian Idol. Nista, nista deh…tapi jij terkenal. Masuk tipi lagi. Hehehehe….
Mungkin memang kerja di advertising agency tuh keren. Gue pun mengakui itu. Tapi, that’s it. Nothing more. Orang-orang di agency gak ada bedanya ama karyawan kantoran biasa koq. Malah mungkin buat gue, orang agency adalah orang-orang yang bisa-bisa malah keilangan hidup pribadinya hanya karena klien, brand dan kantornya sendiri.


Kenapa gue bisa mikir kayak begitu? Waktu gue ada di kantor gue yang terakhir…gue tiba-tiba bertanya iseng-iseng, “Waktu yang gue abisin di dalam satu hari hidup gue, lebih banyak untuk urusan kantor ato urusan rumah ya bo?”. Setelah diitung-itung, rasanya setengah dari hidup gue waktu itu abis untuk kerjaan. Dan koq rasanya udah gak sehat ya booooo…

Bukannya harusnya bisa balance ya? Work hard, play hard. Tapi, to some extent rasanya idup kita abis untuk kerja. Temen-temen gue akhirnya yang pada menikah pun mayoritas meninggalkan dunia advertising. Gue yakin pasti mereka juga pada kangen dengan hiruk-pikuknya dunia advertising. Tapi, I think sometime it is better to miss it rather than go back into pit of shit.

Gak mau dunk…hidup 30 tahun dan masih single, susah nyari pacar pula. Sampe-sampe begitu ketemu someone special….keburu takut ditinggalin, keburu takut dikecewain…..hehehehe.

Yes, I know someone like that. And she is my best friend yang sangat sulit gue yakinkan untuk go out and get married.

Last word…working in advertising agency is not as cool as you think.

2 comments:

dodY said...

wah, ini bener-bener insider's view yang membuka wawasan.

mungkin ngga cuma bidang advertising aja yah? bidang2 lain yg gemerlap sering kali mendapat label semacam ini. tapi sayang, pandangan orang luar kurang dapat "menusuk" sampe ke dalam hingga mereka bisa tau apa yg sebenernya terjadi di sana.

hehehe... satu yang pasti: kalo memang mereka tau spt apa aslinya, mungkin mereka perlu berpikir 37 kali sebelum memberikan label "cool" itu :D

Onny Wiranda said...

itu pilihan ya. mau kerja di tempat yg bikin dia ga sadar bahwa hidup terlalu sayang u dilewatkan begitu saja di tempat kerja mulu. kalo bahasa jawanya, nggetih (dari getih=darah). am now livin my life like that, and i know that its so unworthy to dedicate life to products. so unhuman. kok jadi curhat ya. hehe. thx, salam kenal