Bad Boss vs Good Boss vs Bossy


Hari ini gue dapet email dari si Wid. Seperti biasa, kita emang selalu rutin update kegiatan kita sehari-hari lewat email. Isinya sih kali ini lebih ke curhat. Fakta atau tidak, yah dikembalikan lagi kepada pihak yang membaca. :-)

BTW, brace your self ya. Emailnya panjang bow.....Mau gue edit juga susah ya. Esensinya terdapat di setiap lini.

..Kalo gak salah dia udah kerja di kantor ini selama 5 tahun lebih. Dan selama itu pulalah dia juga gak punya anak buah. Setidaknya sampe akhirnya gue dipindah tim dan kerja di bawahnya.

The thing is...
gue gak pernah punya masalah bekerja dengan siapapun. Bahkan jika suatu saat ada rekan kerja gue nyebelin kelakuannya pun, gue pasti masih bisa bekerja baik dengan dia SELAMA komunikasi antara kita berdua tetep berjalan.

Nah, masalahnya dengan si dia ini, adalah
dia yang gak pernah ngomong ke gue boooo.....
Boro-boro ng-update kerjaan, ngucapin basa-basi sebatas
"Selamat Pagi" aja, kagak!

Gue paham sih kalo gue emang baru megang klien yang satu ini. Klien yang konon katanya jadi klien besar di kantor gue ini. Tapi, gue susah juga untuk ngelakuin apapun kalo
gue sendiri gak pernah di-induction on what-to-do, do's and dont's nya. Apalagi kalo gue sendiri gak pernah diupdate kerjaannya. Let's just say kalo gue ada kerjaan dan feedback klien dikasih ke dia karena kebetulan dia lagi di kantornya klien (percaya deh....orang ini sering banget ke kantor klien ini.). Nah tuh feedback diupdate langsung ke bagian terkait tanpa diinform ke gue. Seru kan? Jadinya ya, in my defense, gue lost in translation aja gitchoo....

Gue sih gak menampik kenyataan kalo
dia itu hebat. Hebat bgt. Bisa ngelarin kerjaan yang super duper urgent hanya dalam hitungan menit. Walaupun dengan resiko, menyiksa bagian terkait lainnya demi kelancaran pekerjaan. Tapi, itu understandable koq.

Yang gue gak abis pikir,
kalo misalnya dia emang bisa dan prefer untuk kerja sendirian, then why bother untuk punya bawahan atau at least rekan kerja?

Sekarang sih emang udah tinggal my words against his words, his words udah jelas menang.
Dari segi peta perpolitikan kantor, jelas dia di atas angin.

The truth?
Intinya gue udah gak peduli. Karena masih ada hal-hal lain yang harus gue peduliin dan which is jauh lebih penting daripada mikirin boss yang satu ini. Bukannya gue lari lho ya, ce.

Gue justru looking forward untuk kerja di kantor yang baru. Refreshen-up my mind, soul and body. Itu aja.
Satu hal yang gue tau dengan pasti tentang diri gue adalah gue bukan seorang quitter. Gue juga adalah seorang yang sangat adaptif. Tapi, bagaimanapun juga keadaptifan seseorang bakalan sulit terlaksana selama gak ada dukungan dari orang sekitar kan?

However kita ini kan human-being yang gak bisa idup tanpa kehadiran orang lain kan? :-)


Eh, gue lupa. Inget kan waktu gue pernah bilang ke lu kalo dia masih single? Di umurnya yang udah mendekati 35?

Gue jadi berpikir kalo jangan-jangan dia .......
susah dapet pacar bow. Yah iya juga sih......wong kerjanya kerja terus. Kapan punya waktu bersosialisasi ya? Hehehe.....yah udah lah yauw....mungkin kayak klien tercinta gue itu yang baru bisa orgasme kalo kerja di hari Sabtu dan Minggu?

Regards,
Wid


Hmmmm......PUANJANG YA BOOOOO. Kayak Choki-choki, panjang dan lamaaaaa.....
Hihihihihi....

Duh dilema bawahan dan atasan gak pernah ada abisnya.

Gue sendiri sih baru punya bawahan emang setahun belakangan ini. Jujur aja pada awalnya gue bingung harus ngapain. Apa yang harus gue delegasikan? Apa yang harus gue awasin? Apa yang harus gue lakuin lagi?

Awalnya gue pikir gue bisa ngebentuk mereka seperti apa yang gue mau. Tapi, makin kesini, gue sadar kalo semua orang punya cara yang berbeda dalam bekerja. Itu yang gak bisa gue kontrol. Setidaknya gue bisa untuk ngeguide do's and dont's nya lah. :-

When it comes to communication, gue sebagai atasan akhirnya nyadar kalo komunikasi follow-up harus lebih jalan dari sisi gue dibanding bawahan gue. Tapi, bukan berarti bawahan trus gak ada komunikasi ke atas juga ya. Intinya komunikasi dua arah itu harus jalan sebagaimana mestinya.

Komunikasi itu jadi gak bener kalo efforts untuk berbicara hanya dateng dari satu pihak aja.

Then again, intinya seorang boss pun juga manusia yang punya kelemahan. Justru tugas kita sebagai bawahan, membantunya untuk menyempurnakan ketidaksempurnaan itu supaya kerja dalam satu tim bisa jadi lebih solid dan afdhol. :-)

Cieeehhh....hari ini edisi bijak nih.

1 comment:

Anonymous said...

электронные сигареты из китая напрямую - сломанная сигарета