Komoditas Berjudul Sayang Dan Cinta


Semudah itukah kita mengucap kata sayang ato cinta kepada seseorang?

Ke siapa sih seharusnya kita ngucapin kata-kata itu?
…Keluarga?
… …Calon pacar?
… … …Sahabat?

Apakah rasa itu juga bisa hilang seiring waktu berjalan?
Semudah itukah hilangnya?

Salahkah gue kalo gue belum bisa bilang kalo gue sayang ama lu?
Sedemikian pentingkah kata ‘sayang’ dan ‘cinta’ untuk diucapin?

Bukan karena gue gak sayang ama lu.
Bukan itu.
Gue sayang ama lu baru sebatas teman. Dan rasa sayang seperti itu akan selalu ada. Walaupun akhirnya mungkin lu malah benci gue karena rasa sayang yang gue kasih bukan rasa sayang yang lu mau, gue akan selalu tetep sayang ama lu. Karena lu udah jadi bagian dari hidup gue dan akan selalu begitu. Apapun yang terjadi gak akan pernah bisa ngilangin kenyataan kalo lu udah pernah hadir di salah satu halaman hidup gue.

Mungkin rasa sayang yang lu harapkan dari gue akan datang. Tapi, apakah bisa dimengerti kalo gue bilang ‘gue butuh waktu’? Bukan karena gue menolak. Bukan karena gue gak suka. Bukan. Tapi, gue gak mau ngasih harapan palsu ke lu. Gue gak mau kalo gue ngucapin itu hanya untuk ngebuat lu seneng dan tenang. Gue pengen kalo gue ngucapin kata ‘sayang’ seperti yang lu mau, itu berasal dari hati gue langsung dan yang paling dalem.

Karena buat gue, kata-kata cinta dan sayang bukanlah sebuah komoditas belaka. Bukan kata-kata yang diucapkan hanya karena untuk membuat seseorang seneng. Bukan kata-kata yang kita katakan karena kita butuh. Kita memang butuh rasa sayang dan cinta. Tapi, kata-kata itu bukan sekedar kata-kata biasa. Ada makna yang dalam di setiap kalimat yang mengandung kata-kata itu.

Gue gak pengen jadi orang yang dengan mudah mengobral kata ‘sayang’ dan ‘cinta’. Gue gak mau mengatakan itu kalo gue gak bener-bener bermaksud demikian.

Gue gak mau jadi orang yang bilang ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ tapi, gue gak pernah berusaha ketemu lu.

Gue gak mau jadi orang yang bilang ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ tapi, gue gak pernah cerita apapun sama lu tentang hari ini, tentang satu hari ini gue udah ngapain aja di kantor.

Gue gak mau jadi orang yang bilang ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ tapi, gue gak pernah sms lu nanyain kabar lu, apa lu udah makan, apa lu lagi bete ato seneng.


Gue gak mau jadi orang yang bilang ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ tapi, gue malah lebih enjoy ketemuan ama temen-temen gue dibanding ketemuan ama lu.

Gue gak mau jadi orang yang bilang ‘aku sayang kamu’, ‘aku cinta kamu’ tapi, gue gak bisa menjadi tempat yang bisa lu sebut ‘rumah’.

Gue pengen jadi matahari lu waktu suasana hati lu di siang hari lagi mendung karena bos lu ngebetein.

Gue pengen jadi orang yang bisa selalu sayang terus sama lu. Sampe kapanpun. Biarpun mungkin seiring waktu berjalan, akan ada pertengkaran di antara kita. Besarnya rasa sebel dan benci yang timbul akibat pertengkaran itu gak akan bisa ngurangin rasa sayang gue untuk lu. Gue juga berharap that sparks will always be there for both of us.

Karena itu buat gue kata-kata ‘sayang’ dan ‘cinta’ gak segampang itu untuk diucapkan. Gue gak mau semudah itu mengatakan kata-kata itu. Karena buat gue, kata-kata itu sakral artinya buat gue.

For maybe I am a complicated person.

No comments: