BATIK DAY - OCT 2nd 2009


Bangun pagi-pagi....karena (rencananya) mau ada meeting ama klien jam 9 di kantornya. Jadi buru-buru mandi, ....lap-lap badan, ...trus pake baju. NAH...hari ini kita pake batik. Hehehe..

Kenapa?
Karena hari ini UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), selaku badan PBB yang ngurusin masalah pendidikan plus kebudayaan, mengkukuhkan batik sebagai warisan budaya dunia (bahasa kerennya : world heritage culture) dari Indonesia. Ini kutipannya dari www.todayszaman.com

Yah anyway, selama perjalanan gw naik motor ke kantor, sepanjang jalan kayak udah mulai berasa nih....suasana batik-batik. Hehehe....mayoritas orang hari ini pake batik. Entah mereka pake batik karena ajakan-ajakan yang emang udah nyebar lewat facebook, twitter, BB messenger atau apa lah, atau mungkin karena emang udah kewajibannya kalo Jumat kudu musti pake batik, tapi setidaknya menyenangkan ngeliat semua orang kompak pake batik.

Gw sendiri emang suka banget ama yang namanya batik. Bukan karena ikut-ikutan ya. Tapi emang buat gue, batik itu sesuatu yang gak ada duanya di dunia. Kapan lagi ada kain dengan motif yang notabene ribet bisa dibuat jadi wardrobe yang sedemikian indahnya....(bahasanya mulai lebay nih gue!).

Tapi, terlepas dari itu semua, batik emang udah jadi ciri khas Indonesia banget.
Jadi amit-amit ya kalo sampe ada negara lain yang mengklaim batik sebagai milik mereka. Mereka mungkin memang punya corak batik, tapi our batik goes way back to Majapahit era. Jadi wajar donk kalo rasanya emang negara kita yang boleh meng-claim batik sebagai OUR CULTURAL HERITAGE.

Gue mengakui kalo gue seneng banget ngeliat hari ini semua orang pake batik. Tanpa sadar, gue sekarang aware kalo sebenernya orang Indonesia sebenernya masih punya rasa kecintaan terhadap negaranya. Tinggal gimana caranya supaya rasa nasionalisme itu terus dipupuk supaya makin kuat.

Jadi....Enjoy batik. Love batik. Be creative with batik.

What am I writing? .....hihihihiih.....

No comments: